Rabu, 07 Januari 2009

Jangan Jadi Pengecut

Ada seorang penembak jitu terkenal. Dalam setiap pertarungan duel dia selalu menang. Sehingga jika ada turnamen, ketika disebutkan namanya, musuh-musuhnya langsung ketakutan terlebih dahulu. Begitu hebatnya orang tersebut.

JANGAN JADI PENGECUT
Ada seorang penembak jitu terkenal. Dalam setiap pertarungan duel dia selalu menang. Sehingga jika ada turnamen, ketika disebutkan namanya, musuh-musuhnya langsung ketakutan terlebih dahulu. Begitu hebatnya orang tersebut.
Pada suatu hari, dia makan malam disuatu restoran. Entah bagaimana awalnya, dia beradu mulut dengan salah satu pengunjung di restoran itu. Dan pada akhirnya, dia menantang orang tersebut untuk berduel pistol. Tawarannya diterima orang itu. Kemudian ditentukanlah kapan mereka berduel, yaitu tiga hari berikutnya di alun-alun kota.
Tiba saatnya menunggu hari-H. Penembak jitu itupun mempersiapkan dirinya. Baginya ini adalah pertarungan menjaga kehormatan. Baru kali ini ada orang yang menerima tantangannya. Mulailah timbul kegelisahan dihatinya. Orang yang akan berduel dengannya adalah orang asing baginya. Belum pernah dia mendengan nama orang itu. Belum juga dia tahu bagaimana trak record orang itu. Dia buka buku daftar nama penembak jitu terkenal. Tidak ada nama dia. Tapi mengapa dia berani menerima tantangannya? Apakah orang itu tidak tahu kalao dia adalah penembak nomor wahid tahun ini? Tapi mengapa dia berani menerima tantangannya? Muncul pertanyaan-pertanyaan di benaknya. Dan dia semakin gelisah.
H-2. Waktu semakin mendekat. Tiba-tiba dia menggigil kedinginan. Demam. Perasaannya semakin bergejolak. Muncul ketakutan di hatinya. “Tidak! Aku tidak takut. Dan aku akan memenangkan duel itu. Tidak! Aku tidak takut!”
H-1. Demamnya semakin tinggi. Dia ambil obat penenang, tapi malah semakin gelisah. Badannya terus menggigil. Dia hisap sebatang rokok. Tapi tidak membuatnya tenang. Gelisah!! Dia bercermin. Dia lihat wajahnya yang berkeringat dingin. Pucat. “Tidak!! Aku tidak takut. Aku akan menang. Aku akan membunuhnya.” Teriaknya pada diri sendiri. Dia ambil pistol dari laci. Dia periksa isinya. Tersisa 1 peluru, tapi itu cukup baginya untuk membunuh lawannya besok. Karena dalam satu kali tembakan, musuh pasti akan terjungkal, tewas.
Kembali dia melihat wajahnya di cermin. Dia takut dengan wajahnya. Dia lihat pistolnya. Gemetarlah tubuhnya. Sungguh kegelisahan yang tak dapat tergambarkan. Dia angkat pistolnya, dan….dorrrrrrrr.. Dia menembak kepalanya sendiri, dia roboh, dia tewas, pengecut.
Sahabat,
Kisah tersebut menggambarkan, bagaimana diri ini melawan ketakutan yang sesungguhnya berasal dari diri sendiri juga. Sering kita menghadapi situasi seperti itu. Sebelum bertindak, kita ketakutan, takut gagal, takut malu, dan hantu takut lainnya. Padahal sebenarnya itu hanyalah perasaan kita belaka. Tapi tidak kemudian mengesampingkan pertimbangan sebelum kita bertindak. Pertimbangan itu perlu, agar apa yang kita lakukan atau kerjakan, dapat terukur sejauhmana manfaat dan mudharatnya, baik untuk diri kita, terlebih untuk orang lain. Ingat, kita harus berprinsip untuk menjadi manusia yang berguna bagi yang lain (khairunnas anfaahum linnas).
Yang harus kita hindari adalah ketakutan akan kegagalan atau kekalahan dalam suatu perjuangan dan pengorbanan. Takut sebelum bertindak adalah pengecut. Takut sebelum bertindak berarti tidak mensyukuri karunia Tuhan kepada kita. Tuhan telah menganugerahi potensi akal. Akal inilah yang membuat kita lebih tinggi dari binatang. Namun penuhilah akal kita dengan keimanan dan ketakwaan yang kokoh, sehingga dengannya akan menjadikan kita mulia dihadapan-Nya. Karena yang ditakuti bukanlah dirinya, bukanlah musuh-musuhnya, atau mahluk lainnya. Yang ditakuti hanyalah Allah SWT, takut dengan ancaman siksa neraka-Nya jika kita khianat pada-Nya, yaitu tidak menjalankan apa yang telah disyariatkan dan diamanahkan kepada kita.
Semoga kita menjadi manusia yang hanya takut pada Allah. Sehingga kita akan hati-hati sebelum bertindak. Bukan takut gagal atau kalah. Tapi takut jika apa yang kita kerjakan membuat Allah murka kepada kita.


By: Imam Kamal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar